Bersepedalah wahai kawan

Bumi kini sedang bersedih, pemanasan global dimana-mana, asap knalpot dan pabrik pun merajalela, hidup menjadi tidak sehat, dan tidak ramah lingkungan, mari kita bangkitkan budaya hidup sehat dengan bersepeda, nggowes yuk...salam nggowes untuk seluruh Indonesia dan Dunia
Home » » Tips Nggowes di Musim Hujan

Tips Nggowes di Musim Hujan


Nggowes di musim hujan memang tidak disukai goweser. Selain curahan hujan yang menggangu pengelihatan, lumpur yang membuat sepeda jadi kotor menjadi pekerjaan rumah bagi goweser.
Pakaian yang tepat dan keahlian saat melewati jalan yang berlumpur dan becek menjadi kunci saat gowes di musim hujan.
Berikut tips bersepeda di saat musim hujan :
1. Pakaian
Pakai jersey bagian dalam dan jaket parasut lengan panjang bagian luar. Celana sepeda panjang, atau pendek atau trainer terbuat dari parasut tipis, yang terpenting lindungi dada dan perut anda dari angin. Khusus untuk bersepeda pada waktu hujan, gunakan jaket parasut untuk musim hujan yang dilengkapi dengan tutup kepala, jika anda tidak menyukainya, gunakan helm yang bagian dalamnya lapisi plastik sehingga kepala anda tidak langsung terkena air hujan.
2. Persiapan badan
Sarapan atau makan terlebih dahulu sebelum memulai bersepeda di medan hujan suatu keharusan. Perut kosong tidak hanya akan membuat masuk angin tetapi juga lemas (akibat kelaparan).
Jangan minum tolak angin atau obat anti masuk angin sebelum dan selama bersepeda, karena obat-obatan tersebut dapat membuat anda mengantuk. Jika anda membawa baju kering, masukkan kedalam plastik kedap air, berikut juga dompet dan handphone anda. Jangan pakai kaus kaki putih karena setelah itu tidak akan pernah bisa kembali berwarna putih,
3. Kondisi Sepeda
Rendahkan sedikit posisi sadel, yakinkan rantai dan komponen gir lainnya telah dilumasi dengan baik (berlebihan juga tidak apa-apa). Sebisa mungkin menggunakan produk pelumas rantai khusus di medan basah. Air yang mengandung lumpur akan melarutkan pelumas dari rantai dan pasir akan menempel pada rantai lalu mengerus gir hingga aus.
Yakinkan sepatu rem (brake pad) berkualitas baik dan tidak tipis karena aus. Ban berprofil kasar atau khusus kondisi basah wajib digunakan untuk melewati medan yang licin. Tekanan ban dibuat lebih rendah tetapi jangan sampai kelihatan kempes.
Ban yang baik pada kondisi basah adalah yang terbuat dari karet alam dan biasanya yang berwarna hitam. Gunakan tempat minum, untuk menghindari lumpur yang akan menempel jika anda menggunakan botol.
4. Persiapan mental
Jangan berangkat kalau sayang dengan sepeda atau malas mencuci sepeda setelah itu, Jangan lakukan hal ini pada malam hari dan jangan berangkat jika anda sedang pilek atau tidak enak badan.
5. Skill (keahlian) di jalan berlumpur dan licin
Tetaplah duduk di sadel karena di jalan yang licin dan traksi roda harus tetap dipertahankan. Gunakan roda gigi yang lebih kecil dari yang biasa anda gunakan sewaktu kondisi kering. Tarik rem sebelum anda memerlukannya, hal ini akan membersihkan velg dari lumpur.
Jangan menerjang genangan air terutama jika terlihat berbuih atau bergelembung karena biasanya genangannya dalam dan mengandung lumpur yang tebal.

Sumber : http://www.sepedapancal.com/2011/12/tips-bersepeda-di-musim-hujan/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : B2W | Majalah Sepeda | Jersey-Sepeda | Surya26.com | Olshop | Buah Matoa
Copyright © 2013. nggowes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger