Bersepedalah wahai kawan

Bumi kini sedang bersedih, pemanasan global dimana-mana, asap knalpot dan pabrik pun merajalela, hidup menjadi tidak sehat, dan tidak ramah lingkungan, mari kita bangkitkan budaya hidup sehat dengan bersepeda, nggowes yuk...salam nggowes untuk seluruh Indonesia dan Dunia
Home » » TIPS NGGOWES SAAT PUASA BULAN RAMADHAN

TIPS NGGOWES SAAT PUASA BULAN RAMADHAN

TIPS BERSEPEDA SAAT PUASA – Topik inilah beberapa hari ini kami pikirkan, mengingat beberapa hari lagi Bulan Ramadhan tiba. Mengapa Tips gowes ketika Ramadhan ini seakan menjadi penting? Bagi kami pribadi dan saya yakin bagi Sobat maniak nggowes, Sobat tidak ingin meninggalkan aktivitas nngowes secara total bukan?

Beberapa TIPS NGGOWES/BERSEPEDA SAAT PUASA ini kami sarikan diantaranya dari pengalaman pribadi dan hasil sharing beberapa rekan di beberap forum. InsyaAllah jika menjalankan tips ini dengan dasar niat puasa sebagai ibadah dan niat gowes agar sehat, keduanya akan berjalan seiring.
Tujuh poin berikut TIPS BERSEPEDA SAAT PUASA:
  1. Cek dan Ricek Kondisi Sepeda. Hal ini merupakan ‘menu wajib’ gowes didalam maupun diluar buan puasa. Jangan sampai ban kempes atau rantai putus di tengah jalan dan terpaksa harus di dorong sampai rumah, sungguh melelahkan bukan? Bawa serta pula perlengkapan dan tool bersepeda dalam tas Anda, sebagai Antisipasi terjadi hal tersebut, meski ketika berangkat kondisi sepeda sudah dipastikan ‘sehat’. Tak salah juga Sobat tetap berbekal air minum dan makanan kecil, sebagai antisipasi ketika waktu buka puasa tiba sementara Sobat masih dalam perjalanan.
  2. Menggeser Waktu Bersepeda, Rata-rata kita menjalani aktivitas gowes pada pagi hari, selama bulan puasa kita bisa menggeser waktu gowes tersebut, misalnya sekitar pukul 15.30-17.00. Hal ini bertujuan menghindarkan kita dari kelelahan atau dehidrasi karena teriknya matahari  . Beberapa rekan menganjurkan jarak tempuh maksimal sejauh 8-15 km, dengan waktu tempuh 45-90 menit. So, lakukan dengan santai. Kecepatan cukup sekitar 10-15 km/jam. Bersepeda pada Sabtu atau Minggu bisa sudah cukup untuk menjaga kebugaran. .
  3. Atur Ritme Nggowes sesuai Kondisi Tubuh. Gowes secara bersama, kelompok, atau dengan seorang teman tentu akan lebih mengasyikkan, namun ingatlah untuk menjaga kecepatan, waktu tempuh dan jarak sesuai kemampuan tubuh Anda sendiri. Biasanya kita akan tergoda saat ada teman memacu sepedanya sedikit kencang, atau tanjakan yang menantang untuk ditaklukkan atau saat ada turunan yang menggoda kita tuk gowes sekencang-kencangnya. Sekali lagi ingat, kondisi vitalitas orang yang sedang berpuasa tentu berbeda. Dan, janganlah sungkan untuk beristirahat ketika tubuh Anda merasa lelah.
  4. Rencanakan Rute Nggowes dengan Matang. Tentukan Rute bersepeda dengan lebih matang, karena bersepeda tanpa tujuan hanya akan menghabiskan waktu dan tenaga. Usahakan untuk menghindari rute-rute yang kurang ‘sehat’ seperti daerah macet, daerah dengan kadar polusi tinggi. Dan sebaliknya, pilih rute dengan kondisi yang hijau, Asri dan udaranya relatif sehat.
  5. Alokasikan Waktu Lebih. Untuk mengakomodasi waktu yang molor karena gowes santai, alokasikan waktu yang sedikit lebih lama. 
  6. Nggowes Bareng Lebih Seru. Usahakan untuk gowes dalam format berkelompok, tentunya ini akan lebih seru dan memotivasi, bisa jadi lelah yang sebenarnya mendera justru tertutupi karena ‘riung’ nggowes bersama rekan. Bisa juga disisipkan acara sesuai kondisi Ramadhan, misal ‘gowes bareng-buka puasa bareng’, seru kan?
  7. Sahur dan Berbuka dengan Menu Bergizi. Sudah pernah kami ulas pada posting sebelumnya, bahwa aktivitas bersepeda peru ditunjang kondisi tubuh yang prima, hal ini ditunjang oleh asupan dan pola makan kita. Sejatinya, pada bulan Ramadhan, soal makan, kita hanya  menggeser waktu ‘sarapan’ dan –mungkin- makan siang. So, karena betapa pentingnya ‘sarapan’ maka jangan lewatkan waktu sahur Sobat dengan menu yang bergizi.  Hal ini juga berlaku untuk menu berbuka. Dr. Hembing menambahkan bahwa di kala puasa akan lebih baik menambah konsumsi madu saat sahur.
Well, TIPS BERSEPEDA SAAT PUASA BULAN RAMADHAN ini kami harapkan akan sangat membantu Sobat cyclist tetap semangat, tetap sehat dan tak mengurangi kekhusu’an ibadah selama Ramadhan. Jika mungkin ada saran atau tips gowes tambahan silahkan sobat tinggalkan melalui kotak komentar yang telah kami sediakan, Oke? Dan kami segenap Kru ThingsBike.com mengucapkan Mohon Maaf Lahir dan Bathin apabila ada beberapa posting kami yang kurang berkenan. Mari kita masuki ‘bulan yang suci-Ramadhan’ dengan Hati yang bersih dan niat kuat untuk meningkatkan kualitas diri, Aaaaamiiin

sumber : http://thingsbike.com/tips-trick/tips-bersepeda-saat-puasa-bulan-ramadhan.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : B2W | Majalah Sepeda | Jersey-Sepeda | Surya26.com | Olshop | Buah Matoa
Copyright © 2013. nggowes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger