Bersepedalah wahai kawan

Bumi kini sedang bersedih, pemanasan global dimana-mana, asap knalpot dan pabrik pun merajalela, hidup menjadi tidak sehat, dan tidak ramah lingkungan, mari kita bangkitkan budaya hidup sehat dengan bersepeda, nggowes yuk...salam nggowes untuk seluruh Indonesia dan Dunia
Home » » Apa Itu Tour De France …?!

Apa Itu Tour De France …?!



Sahabat-sahabat goweser mungkin sudah mengetahui tentang Tour de France Tour balap Sepeda terakbar di dunia ini, tidak salahnya saya mencoba menguraikan kembali secara detail tentang Tour de France
TOUR DE FRANCE adalah lomba balap sepeda jalan raya (Road Bike) internasional di bawah agenda tahunan UCI (Uni Cycliste Internationale) yang diselenggarakan di negara Perancis  pertama kali diselenggarakan tahun 1903 yang mana rutenya berjarak lebih dari 3600km (2200mil) dan berlangsung 3(tiga) minggu.
TOUR DE FRANCE bersama dengan Giro d’Italia dan Vuelta a España adalah tiga Grand Tour dalam balap  sepeda bergengsi yang menarik perhatian banyak pembalap dan tim dari seluruh dunia. Karena ke tiga Grand Tour tersebut ladang point terbesar sebagai penentu juara dunia.
Perlombaan ini dibagi menjadi day long segmen, disebut satu stage/tahap. Catatan waktu tiap individu untuk menyelesaikan setiap tahap dikumpulkan untuk menentukan pemenang keseluruhan pada akhir lomba.
Pembalap dengan waktu agregat tercepat pada akhir setiap hari/tahap akan memakai jersey kuning/yellow jersey. Course/rute TOUR DE FRANCE berubah setiap tahun, namun balapan selalu selesai di Paris. Sejak tahun 1975, klimaks dari tahap akhir telah di sepanjang Champs-Élysées.

YELLOW JERSEY DALAM TOUR DE FRANCE

Seperti Balap Sepeda pada umumnya, Setiap pembalap pada TOUR DE FRANCE tentu memiliki tujuan menang pada keseluruhan stage/tahapan. Namun dalam kompetisi ini ada beberapa penilaian lebih lanjut: leader, sprinter, climber(penanjak) dan Rider/racer muda terbaik (youngster).
Seorang pengendara yang memimpin lebih dari satu kompetisi mengenakan jersey yang paling bergengsi, YELLOW JERSEY. Jersey kuning (maillot jaune) dipakai oleh pemimpin klasifikasi umum. Hal ini diputuskan berdasarkan total waktu setiap pembalap dalam tiap stage harian.
Pembalap dengan waktu keseluruhan tercepat pada akhir setiap tahap menerima jersey kuning secara seremonial dan berhak untuk memulai tahap berikutnya dari TOUR DE FRANCE, biasanya keesokan harinya, dengan mengenakan YELLOW JERSEY tersebut.

JERSEY POLKA DOT DALAM TOUR DE FRANCE

Selain YELLOW JERSEY (Jersey Kuning) yang fenomenal dalam ajang TOUR DE FRANCE, Tingkat prestasi pembalap dalam event balap sepeda dunia tersebut juga ditunjukkan salah satunya oleh JERSEY POLKA DOT (The Polka Dot Crown).
Jersey dengan warna dasar putih bermotif totol (polka dot) merah ini Jersey diberikan untuk climber (Penanjak) terbaik/tercepat, atau tepatnya, untuk pemenang kontes poin yang  dengan kriteria penilaian pada jalur up-hill (menanjak).
Semakin tinggi kategori pendakian, semakin banyak poin untuk menjadi yang pertama melintasi garis di bagian atas. Penilaian atas kriteria menanjak ini berakhir sampai para pembalap mencapai puncak tanjakkan.
Meskipun penghargaan untuk pendaki terbaik telah disampaikan sejak tahun 1933, ‘penghargaan’ dengan pengenaan JERSEY POLKA DOT dalam TOUR DE FRANCE baru dilakukan pada tahun 1975.
Jersey hijau (Green Jersey), didalam tahapan(stage) lomba tour de France tersebut ada penghargaan khusus buat Racer(pembalap) yang melakukan waktu tercepat dalam ajang sprint tiap stage yg di perlombakan yaitu penyematan Jersey hijau (green Jersey).
Jersey Putih (white Jersey) di berikan buat racer(pembalap) usia muda (youngster) yang memiliki konsistensi yang sangat baik tiap stage-nya.
Informasi terbaru mengenai penyelenggaraan even Tour De France tahun 2012 sudah berlangsung sejak 4(Empat ) hari yang lalu. Berikut informasi lengkapnya :
  • Kelas Criterium Individual Internasional  ( Individual Time Trial) juaranya : Fabien Cancellara, asal Swiss, tergabung  dalam Radioshack Team dan ia (Fabien Cancellara) berhak menyandang Jersey kuning karena memiliki waktu tercepat serta memimpin klasemen umum.
  • Stage 1 juaranya : Peter Sagan, asal Slowakia, tergabung dalam Liquigas Team. Stage pertama ini  Fabien Cancellara (Radio Shack Team) masih menyandang Jersey kuning dan masih sebagai pemimpin klasemen umum.
  • Stage 2 juaranya :Mark Cavendish, asal Inggris, tergabung dalam Sky Procycling Team. Racer Fabien Cancellara (Radio Shack Team) masih menyandang Jersey kuning dan masih sebagai pemimpin klasemen umum. Dan Peter Sagan( Liquigas Team) menyandang jersey hijau (Sprinter tercepat)
  • Stage 3 juaranya : Peter Sagan, asal Slowakia, tergabung dalam Liquigas Team. Racer Fabien Cancellara (Radio Shack Team) masih menyandang Jersey kuning dan masih sebagai pemimpin klasemen umum. Dan Peter Sagan( Liquigas Team) menyandang jersey hijau (Sprinter tercepat)
  • Stage 4 juaranya : Andrei Greipel (Lotto Belisol Team). Sementara Fabien Cancellara (Radio Shack Team) masih menyandang Jersey kuning dan masih sebagai pemimpin klasemen umum. Dan Peter Sagan( Liquigas Team) menyandang jersey hijau (Sprinter tercepat).
Dalam stage ke 4 tersebut racer Mark Cavendish juara dunia 2011 terjatuh dalam suatu tabrakan beruntun massal kurang dari tiga kilometer dari finis dan baru bisa melintasi garis finis jauh setelah Greipel mengungguli pembalap Italia Alessandro Petacchi dalam sprint menuju garis finish.
Stage-stage berikutnya kemungkinan persaingan akan semakin seru antar racer-racer dunia papan atas dan tidak menutup kemungkinan juga racer-racer non unggulan akan lebih berprestasi.  Sahabat-sahabat goweser bisa menyaksikan langsung pagelaran Tour de France 2012 di Euro Sport (TV Cabel) mulai tanggal 30 Juni 2012 s/d 22 Juli 2012 mulai pk.19.00 – 22.45.
sumber: wikipedia
http://b2w-indonesia.or.id/bacanote/apa_itu_tour_de_france 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : B2W | Majalah Sepeda | Jersey-Sepeda | Surya26.com | Olshop | Buah Matoa
Copyright © 2013. nggowes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger